Web UM Lilis Bakery group

aaa

Sabtu, 15 Juni 2013

PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN TARAF EKONOMI di INDONESIA


PENTINGNYA KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN TARAF EKONOMI di INDONESIA

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR MATAKULIAH
Bahasa Indonesia Keilmuan
yang dibina oleh Bapak Pidekso Adi





    Oleh :
Galih Hadirifan Eka Saputra                   (120431426499)
       

                       
           


UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Mei 2013






Kewirausahaan merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Saat ini mulai bermunculan  wirausahawan di Indonesia yang pada umumnya berada di daerah perkotaan, salah satu permasalahan pokok kewiarusahaan di Indonesia yaitu belum meratanya pemahaman tentang pentingnya berwirausaha bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman. Akhirnya, terjadi ketimpangan ekonomi antara daerah perkotaan dan pedesaan. Pemahaman tentang kewirausahaan perlu didongkrak agar mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat kearah perekonomian yang lebih baik. Infrastruktur yang kurang memadai dan SDM yang masih minim juga menjadi hal yang mendukung tidak meratanya pemahaman tentang kewirausahaan di Indonesia. Tentu peran pemerintah untuk mengatasi masalah ini sangat diperlukan. Pada awalnya kewirausahaan sering dijumpai  dalam dunia bisnis, namun akhir-akhir ini berkembang dari berbagai aspek kehidupan. Pelaku kewirausahaan tidak hanya dimiliki oleh para wiraswasta atau usahawan kaya, namun kepada setiap orang yang mempunyai kemauan keras dan memiiki optimis serta kreatifitas misalnya, petani, karayawan, guru, dan lain sebagainya.
Kewirausahaan itu sendiri berarti usaha dimana seseorang memiliki kemampuan berfikir yang kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Banyak orang baik pengusaha maupun bukan pengusaha yang meraih kesuksesan berkat adanya kemampuan berfikir yang inovatif dan kreatif. Biasanya kemampun berfikir yang inovatif dan kreatif itu akan memunculkan ide-ide yang baru dan berbeda. Ide-ide yang baru dan berbeda itulah yang sebenarnya memilki peluang untuk dijadikan sebagai awal dalam berwirausaha. Seorang wirausahawan merupakan seseorang yang mampu menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan kondisi ketidakpastian demi mencapai keuntungan yang diharapkan. Mereka memaksimalkan peluang yang berada di sekitar mereka untuk dijadikan sebagai sumber daya yang diperlukan dalam proses kewirausahaan yang sedang dijalankan.
Jiwa dan Sikap Kewirausahaan
            Proses kreatif dan inovatif hanya terdapat pada orang-orang yang berkepribadian kreatif dan inovatif, yaitu mereka yang memiliki jiwa berwirausaha yang bercirikan; percaya diri, berani, penuh keyakinan, optimis, disiplin dan bertanggungjawab. Dalam berwirausaha perlu dibutuhkan jiwa dan semangat dalam pelaksanaannya. Meskipun terdapat orang yang memiliki daya berfikir yang inovatif dan kreatif namun mereka tidak memiliki mental seorang wirausaha, maka potensi yang dimilikinya akan sia-sia saja. Aktivitas berwirausaha tentu didalamnya terdapat rintangan, tantangan, dan halangan yang harus dihadapi dengan mental dan jiwa wirausaha. Memang terdapat orang-orang dalam perjalanan karir usahanya harus berhenti dan gulung tikar karena tidak mampu bersaing dalam dunia wirausaha. Salah satu alasannya yaitu kurangnya mental dan jiwa wirausaha yang tertanam pada dirinya sehingga ia tidak mampu bertahan dalam dunia usaha. Disisi lain ada pula orang yang masih bertahan dan menjadi seseorang yang sukses dalam karirnya berkat mental dan jiwa wirausaha.
            Seorang wirausaha dituntut mampu mengoptimalisasi setiap keadaan sekitarnya menjadi peluang dalam mencapai keuntungan. Dalam setiap tantangan pasti terdapat resiko didalamnya, resiko tersebut berupa kemungkinan berhasil dan kemungkinan gagal. Oleh sebab itu, seorang wirausaha harus berani mengambil resiko dan lebih menyukai tantangan. Ide kreatif dan inovasi seorang wirausaha tidak sedikit yang berasal dari proses meniru dan duplikasi, kemudian terus berkembang dan berujung pada proses sesuatu yang baru dan berbeda. Hal tersebut dikarenakan semangat inovasi dan kreasi yang tumbuh pada jiwa seorang wirausaha.
Prospek kewirausahaan di Indonesia dimasa yang akan datang
            Indonesia merupakan negara yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Sumber Daya Alam yang melimpah ruah di tanah air ini mampu dijadikan sebagai tempat yang ideal untuk berwirausaha. Tidak dapat dipungkiri bahawa dimasa yang akan datang Indonesia akan mampu meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya dengan melakukan kegiatan wirausaha dalam berbagai sektor mikro maupun makro seiring dengan mulai meratanya pendidikan di Indonesia dan akses-akses lainnya yang mendukung kesadaran masayarakat dalam berwirausaha. Dalam mencapai itu semua terdapat beberapa hambatan yang masih menjadi permasalahan yaitu banyak masyarakat yang awam tentang berwirausaha, mereka cenderung tidak berani untuk membuka suatu usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Menurut pengamatan penulis, permasalahan tersebut secara bertahap akan dapat diselesaikan jika pemerintah secara konsisten berusaha untuk memeratakan akses-akses masyarakata yang bersifat layanan publik.
Saat ini mulai bermunculan para printis kewirausahawan Indonesia yang mau bekerja keras untuk menigkatkan keejahteraan masyarakat dan membantu dalam mengurangi tingkat pengangguran. Kewirausahaan khusunya dalam sektor mikro kini telah mulai berkembang. Potensi-potensi kewirausahaan dalam lingkup lokal telah menjamur ke berbagai wilayah. Infrastruktur daerah sedikit demi sedikit mulai dibangun, sehingga akses masyarakat menjadi lebih luas.  Tentu hal ini merupakan langkah yang baik untuk membuka sayap berwirausaha dan motivasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat Indonesia dapat hidup sejahtera dan mampu menikmati kekayaan alam yang melimpah yang tersebar di pelosok negeri ini.
            Indonesia masih menjadi negera berkembang ditandai dengan kondisi masyarakat yang memiliki pendapatan perkapita rendah, kebanyakan penduduknya miskin, tekonologi banyak yang belum menjamah ke pelosok-pelosok serta masih banyaknya pengangguran. Melihat situasi itu sangatlah memprihatinkan. Pendapatan masyarakat yang rendah dan tingkat populasi yang tinggi menjadi suatu permasalahan yang harus diatasi oleh pemerintah negara sekarang. Maka dari itu, kewirausahaan sangat diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan adanya kewirausahaan masyarakat dapat mempunyai kemampuan untuk menciptakan produk-produk baru yang berinovasi dan dapat menyampaikan ide dan kreasinya, sehingga banyak pengangguran yang diserap karena bermunculannya lapangan pekerjaan yang disediakan. Jika telah banyak pengangguran yang diserap, maka secara otomatis pendapatan masyarakat akan meningkat pula. Selain dapat mengurangi pengangguran kewirausahaan juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tanah air
Indonesia perlahan-lahan mulai berbenah diri dari berbagai sektor kehidupan. Kemunculan usahawan-usahawan tanah air bisa menjadi titik awal pergerakan ekonomi Indonesia kearah yang lebih baik. Pola pikir masyarkat tentang berwirausaha sedikit demi sedikit mulai tumbuh. Lapangan pekerjaan yang muncul tentu akan menyerap tenaga kerja. Indonesia merupakan negara yang populasi masyarakatnya tinggi. Kewirausahaan yang berada di sektor padat karyalah yang dibutuhkan di Indonesia agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan dapat mengurangi tingkat pengangguran serta mampu menaikkan tingkat pertumbuhan dan kesejahteraan ekonomi di Indonesia.
DAFTAR RUJUKAN
Zimmerer, Thomas W ,dkk. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
Suryana. 2006. KEWIRAUSAHAAN Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Rivki. 2013. Pemerintah Klaim Gerakan Kewirausahaan Mampu Tekan Pengangguran,(Online),(http://finance.detik.com/read/2013/03/18/170030/2197080/4/pemerintah-klaim-gerakan-kewirausahaan-mampu-tekan-pengangguran), diakses 25 April 2013.
Yakub, Riki. 2013. Kewirausahaan di Indonesia Mempengaruhi Perekonomian, (Online),(http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/04/15/kewirausahaan-di-indonesia-mempengaruhi-perekonomian-546554.html), diakses 25 April 2013.
Hadi, Yunus S. 2011. Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Prinsip Kewirausahaan, (Online),(http://yunushadi.blogspot.com/search/?q=pengertian%2C+manfaat%2C+fungsi+dan+prinsip+kewirausahaan), diakses 25 April 2013



Posting Komentar