Web UM Lilis Bakery group

aaa

Jumat, 15 Maret 2013

Kenali efek baik dan buruk dari aspirin!




Selama hampir satu abad, manusia telah menggunakan aspirin sebagai obat penghilang rasa sakit. Aspirin menjadi salah satu obat yang paling umum tersedia di pasaran. Efek utama aspirin adalah dapat meredakan rasa sakit di kepala dan demam. Tetapi, aspirin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti menjadi obat darurat untuk menunda serangan jantung. Namun, bahan kimia tetaplah bahan kimia. Zat tersebut tentu memiliki efek samping yang buruk untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah tidak terbatas. Berikut adalah efek baik dan buruk dari aspirin pada tubuh manusia, seperti dilansir Boldsky. 

1. Penghilang rasa sakit di kepala

Aspirin dapat menyingkirkan sakit kepala dengan cepat. Tidak ada obat yang lebih baik atau lebih cepat untuk menyembuhkan rasa sakit di kepala, selain aspirin.

2. Mencegah serangan jantung

Aspirin bisa menjadi pertolongan pertama untuk orang yang mengalami serangan jantung. Aspirin efektif mengencerkan dan memecah gumpalan darah.

3. Demam

Ketika Anda merasa demam dan seluruh tubuh Anda terasa sakit, satu tablet aspirin dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik. Obat ini dapat menangani demam ringan dan nyeri karena flu.

4. Menyembuhkan jerawat 

Aspirin juga dapat digunakan pada jerawat untuk menyingkirkan mereka dengan cepat. Caranya adalah dengan menghaluskannya jadi bubuk dan menempelkannya di kulit yang berjerawat. Aspirin memiliki asam salisilat yang sangat efektif untuk mengobati jerawat.

5. Mengobati gigitan serangga

Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga bisa menjadi sangat merepotkan. Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan gigitan serangga. 

6. Mengatasi ketombe

Tidak peduli seberapa sering Anda mencuci rambut, ketombe akan terus datang kembali. Coba campurkan beberapa bubuk aspirin ke dalam shampo Anda untuk menjauhkan ketombe.

7. Mencegah kerusakan hati

Sebuah percobaan pada tikus menunjukkan bahwa dosis rendah aspirin dapat melindungi hati terhadap kerusakan. Hal ini bisa sangat berguna bagi pecandu alkohol.

8. Melawan Kanker

Dosis rendah aspirin dapat menjadi obat pencegahan terhadap kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa aspirin juga dapat menghambat penyebaran kanker.

9. Penyebab kejang

Setiap orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma tidak disarankan mengonsumsi aspirin. Aspirin dapat menyebabkan kejang paru-paru yang buruk bagi pasien asma.

10. Bisa menyebabkan perdarahan internal

Asupan aspirin dapat menyebabkan perdarahan internal. Aspirin dapat mengencerkan darah dan berbahaya bagi orang yang memiliki masalah pembekuan darah. 

11. Bukan untuk anak

Anak di bawah usia 16 tahun tidak boleh diberikan aspirin. Aspirin dapat dikaitkan dengan sindrom Reye pada anak-anak yang mengarah ke peradangan parah pada hati dan otak yang bisa berakibat fatal. 

Inilah efek baik dan buruk dari aspirin. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi aspirin sesuai dengan resep dokter.

http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar: